déjà vu

Dari bahasa perancis, pengertiannya kira-kira: perasaan pernah ‘mengalami’ sebelumnya (terlepas dari apakah benar-benar pernah mengalami atau sekadar ‘perasaan’ saja).

Deja vu lazim dikaitkan dengan keadaan yang bersifat ‘sensasi visual’—meski tidak terbatas hanya pada ‘mata fisik’ saja. Misalnya seperti ini:

Kita ada di sebuah pekarangan. Kita masuk ke dalam rumah yang ternyata bentuknya memanjang itu. Di ujung, ada pintu lagi, kita buka. Halaman belakang! Kita keluar. Baru beberapa langkah, kita berhenti. Halaman tak berpagar, menyatu dengan alam. Rasanya.. pernah di sini. Lembah di sana, juga gunung di kejauhan itu.. Tunggu dulu! Apa itu? Di pojok dekat situ ada seperti rumah kayu kecil. Kandang anjingkah? Atau tempat perkakas? Ya, bilik kayu ini.. Di mana, ya..? Kapan..? Lalu kita terjaga.

Mungkin mimpi kita pernah mirip seperti itu (bukan soal detail mimpinya, tetapi lebih kepada perasaan ‘pernah mengalami’-nya). Sebuah deja vu, yang datang  tak hanya ketika sadar (begitu terbangun langsung membuat kita berusaha mengingat kapan atau di mana), tetapi bahkan saat masih sedang bermimpi pun kita merasa ada yang sangat tidak asing ‘di sana’.

Tak jarang, kita tetap tak pernah tahu persis: di mana/kapan ‘di sana’ itu sebenarnya. Atau, apa yang paling membuat kita merasakan deja vu (rumah, halaman belakang, atau bilik kayu itu)? Jadi sering tak jelas, memang. Tapi itulah deja vu.

*****

———————————
Catatan:
Meski kadang istilah ini dituliskan dengan dejavu atau de javu, sebagai sebuah istilah asing (Perancis) penulisan yang benar adalah deja vu.

—KK—

One thought on “déjà vu

  1. Terima kasih kutukamus ..sudah mampir di blog saya A Traveler’s Tale…Anda suka bahasa, sama seperti saya juga…

    Halo, sama-sama Happy. Ya lumayanlah, hitung-hitung untuk hiburan sambil mengasah memori, agar tak cepat aus..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s