fax = facsimile

– istilah telekomunikasi –

Fax adalah mesin pengganda/pengirim dokumen jarak jauh. Dengan hadirnya internet, perannya dalam keseharian sekarang jadi berkurang—walau masih relatif banyak digunakan. Tapi meski sudah jadi kosakata umum, masih saja ada yang belum tahu bahwa sesungguhnya kata ini adalah ‘bentuk pendek’ dari facsimile. Anehnya lagi, mereka yang sudah tahu tentang facsimile pun ternyata banyak yang mengucapkannya secara tidak tepat—alias masih bingung.

Mungkin karena banyak kata Inggris dengan pola ‘~ile’ (seperti mile, pile, tile, file, atau smile) yang dilafalkan dengan bunyi mirip diftong ‘ai’ [mail, pail, tail, fail, smail], lalu orang mengira pengucapan facsimile adalah [fèksimail]. Keliru. Pengucapan yang benar adalah [fèk-simeli].

*****

————————
Tips:

  • Untuk megecek lafal, bisa search melalui Google dengan keywords: facsimile meaning. Lalu klik ikon speaker (di bawah kata facsimile), lalu klik ikon flash player yang muncul.
  • Harap dicatat bahwa simbol fonetik yang digunakan di blog ini berbeda dengan yang digunakan di hasil search melalui Google di atas.
  • Contoh kata Inggris lain yang orang juga sering ‘tahu arti salah ucap’ misalnya: prejudice.

—KK—

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s