UFO – alien – ETI

UFO sering diidentikkan dengan ‘piring terbang’ (pesawat berbentuk ceper seperti piring milik mahluk luar angkasa). Nggak juga. UFO (Unidentified Flying Object) adalah ‘benda terbang tak dikenal’ alias yang tak teridentifikasi bahkan setelah ditelaah oleh pihak yang ‘berwenang’ (kompeten) untuk itu. ‘Tak teridentifikasi’ dalam hal ini artinya identitasnya gagal dikenali berdasarkan apa yang kita ketahui tentang ‘benda-benda terbang’ lainnya, baik itu ‘benda alam’ (seperti meteor) ataupun ‘benda karya manusia’ (seperti pesawat tempur dan peluru kendali). Dan karena tidak teridentifikasi dengan jelas itulah maka ‘benda’ tersebut dinamai UFO.

Istilah UFO sengaja dibuat untuk menghindari kerancuan dengan fantasi akan ‘piring terbang’ (flying saucer) ataupun tentang ‘mahluk luar angkasa’, tetapi orang (media dan pengarang sci-fi misalnya) justru cenderung [selalu] mengkaitkannya dengan mahluk cerdas dari luar bumi.

*****

Mungkin karena pengaruh film atau bacaan, jika mendengar kata alien orang biasanya akan langsung membayangkan sosok super cerdas dengan postur agak mirip manusia tapi dengan mata besar dan kepala serta anggota badan yang tidak begitu proporsional dst dsb. Nggak lagi. Alien artinya mahluk yang tidak berasal dari bumi, cerdas atau tidak cerdas (secara peluang tidak mustahil mereka ada, meski sampai sekarang belum ada bukti). Jadi jika di suatu planet ditemukan tumbuhan sejenis lumut misalnya (yang jelas-jelas blo’on), itu juga alien.

*****

ETI yang dimaksudkan di sini adalah extraterrestrial intelligence alias ‘kecerdasan yang tidak berasal dari bumi’. Kalau dari suatu sistem tata surya yang jauh kita menangkap alunan musik, bisa saja itu ETI, karena kemampuan memainkan musik jelas menyiratkan kecerdasan (sekali lagi, ini hanya misalnya). Juga jika di suatu planet kita menemukan sejumlah benda seperti peralatan zaman batu, itu juga indikasi ETI (jika benar itu alat, bukan hasil proses alam), sebab kemampuan menciptakan alat (betapapun primitifnya) jelas mengindikasikan kecerdasan.

*****

Jadi, mengkaitkan UFO, alien atau ETI dengan mahluk super cerdas yang mondar-mandir antar galaksi dengan piring terbang? Tidak dilarang, memang. Tetapi sama sekali tidak harus.

*****

—KK—

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s