episentrum – hiposentrum

– istilah seismologi –

Praktis semua orang tahu episentrum adalah istilah untuk pusat gempa. Istilah ini pernah lumayan populer sehingga kita dapati beberapa kali seorang pembicara di TV berucap “Jadi episentrum permasalahan ini..” saat membahas sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan gempa sama sekali (kita tidak tahu persis mengapa ybs tidak menggunakan kata ‘pokok’ atau ‘pangkal permasalahan’ saja).

eh-episToh rasanya tidak ada salahnya sedikit menggali lebih jauh tentang istilah ini, paling tidak agar kita tidak terjebak dalam penggunaan yang tidak-tidak. Pada gambar pertama (dilihat dari atas), lingkaran adalah radius gempa, sedangkan titik-E (yang terlihat agak seperti huruf G itu) adalah episentrum (epicenter/epicentre)—pusat atau titik gempa di permukaan bumi (area di mana kerusakan biasanya paling parah terjadi).

eh-hiposGambar kedua adalah penampang (seolah lapisan bumi kita iris sehingga bisa dilihat dari samping). Titik-E adalah titik yang sama dengan gambar sebelumnya, sedangkan titik-H (yang ada di bawah) adalah hiposentrum (hypocenter/hypocentre)—pusat gempa yang ada di dalam bumi. Inilah pusat gempa sebenarnya, titik di mana gempa sesungguhnya berasal.

*****

—KK—

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s