juggernaut

Mungkin ini cuma soal selera, tapi sebagai penggemar komik, dari kecil aku tak pernah suka superhero (atau supervillain) ‘dari sono’. Sejarah jadi saktinya rutin (terutama tokoh Marvel): ada kecelakaan radioaktif lalu ‘jrèng..!’, lahir jagoan baru. Cerita ketebak (tidak menegangkan). Kostumnya suka konyol (ngapain juga, coba?). Dan pengarang komiknya suka tidak menghargai pembacanya sendiri: kenapa Magneto tidak bikin helm satu lagi lalu taruh di kepala Xavier? (Beres, kan?) Atau, kok setiap kali si wartawan lugu buka baju dan lepas kacamata, tiba-tiba orang jadi tidak tahu kalau dia Clark Kent? Dan masih sederet alasan lagi.. Sungguh, sebagai anak kecil (waktu itu), hal-hal seperti ini sering membuat aku merasa diremehkan.

Tapi mungkin yang paling bikin males (saking tidak menariknya) adalah soal pemberian nama. Kadang terlalu dicari-cari alias maksa abis (Sabretooth, Phoenix). Kadang sangat tidak kreatif (Superman-Superwoman-Superboy-Supergirl—dan sumpah, Superdog). Sampai yang kesannya benar-benar seperti sedang kehabisan ide (Captain America, Professor X, Mister Fantastic).

juggernaut_spray (gamebanana_com)Toh dari seabrek nama ‘superpayah’ itu ada satu yang langsung membuat aku tertarik: Juggernaut. Bukan soal karakternya (yang kuatnya luar biasa tapi—maaf, kesannya tidak begitu punya otak itu), tapi namanya itu lho. Nama-nama model Batman, The Flash, Storm, Iceman dll artinya jelas dengan sendirinya. Tapi Juggernaut? Berasal dari kata apa nama yang kesannya benar-benar terdengar jelek dan seperti sebuah berita buruk ini? (Bandingkan dengan nama Wonder Woman atau Sandman yang sama sekali tidak menggugah rasa ingin tahu itu).

*****

Ada yang pernah dengar Sang Hyang Jagad Nata‘? Dalam Wayang Purwa atau literatur Jawa, itu adalah salah satu nama/julukan Bathara Guru. Artinya kurang lebih ‘Yang Mengatur Jagat’, atau penguasa dunia (semesta). Boleh percaya boleh tidak, istilah juggernaut masih ada kaitannya dengan itu, paling tidak secara etimologis—dan meski dengan arti yang tidak selalu sedap.

Jagannath_Lithograph_by_Raja_Ravi_Varma_1900sKabarnya, asal kata juggernaut adalah Jagannath[a] (penguasa jagat), salah satu nama Krishna (Wishnu) dalam budaya India. Versi lain (yang kebenarannya patut diragukan), juggernaut adalah sebuah istilah yang mengacu pada sejenis kendaraan dewa pada upacara tertentu yang konon tak segan menggilas para pemujanya sendiri.

Begitulah, dari yang agung atau sakral (Jagannath) berubah menjadi sebuah istilah yang berkonotasi trouble[maker] atau bad news (Juggernaut).

[ Bandingkan Juggernaut versi komik di atas dengan Jagannath versi Raja Ravi Varma (seniman India kenamaan) di samping kiri (perhatikan kemiripan posturnya—termasuk komposisi kepala dan badan yang seolah menyatu tanpa disambung leher). ]

Apapun, sebagai sebuah istilah, pengertian atau arti juggernaut secara umum adalah:

Sesuatu yang cenderung menuntut loyalitas buta -atau- yang kejam minta korban

Ini misalnya bisa berupa sebuah keyakinan (agama atau kepercayaan) yang dicekokkan atau dipahami secara keliru sehingga orang rela mengorbankan yang tidak-tidak (termasuk akal budinya) demi keyakinan sesatnya itu. Atau bisa saja, suatu lembaga atau perusahaan atau organisasi yang tak henti-hentinya membawa petaka bagi banyak orang.

Atau arti lain,

Kekuatan besar, tak tertahankan, destruktif, yang siap menggilas apa saja yang dilaluinya

Misalnya sebuah kapal induk/perang raksasa atau senjata dengan daya musnah yang masif. Dalam pengertian yang lebih figuratif, ini bisa pula mengacu kepada sebuah tim olimpiade (kontingen eks Uni Sovyet pada beberapa dekade yang lalu), atau tim sepakbola (misalnya klub Barcelona atau Timnas Spanyol yang beberapa tahun lalu demikian disegani itu).

*****

Sebagai sebuah karakter komik Juggernaut boleh jadi memang tidak menarik (dan mungkin karena itu ia nyaris tidak pernah diberi peran utama dalam cerita). Tapi dari segi penyerapan, penyesuaian, penciptaan dan pengembangan istilah (entah oleh siapa), sepertinya ini kreatif.

*****

—————————

Gambar:
Juggernaut: gamebanana
Jagannath: wikipedia

—KK—

One thought on “juggernaut

  1. Bagus sekali. Sy mengenal istilah juggernaut di game dota (defense of the ancient) dan dota 2. Gaya khas pendekar samurai yang membawa pedang dengan jurus berputar dan tebasan pedang. Sepertinya karakter itu cocok dengan yg diceritakan yg diatas. btw makasih infonya.

    Ndak ngerti saya gamenya, tapi barusan cek situs dotafire, sepertinya ‘blade fury’ dan ‘omnislash’ sudah cukup mbuat versi dota itu jadi berita buruk buat lawan😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s