marcophily = marcophilately

Lumayan. Gara-gara main ke sebuah blog (beberapa menit yang lalu), jadi dapat istilah baru: marcophily atau marcophilately. Dari penampilannya mudah ditebak, ini adalah salah satu ‘cabang’ dari philately. Filateli? Istilah untuk hobi mengumpulkan perangko itu?

Klarifikasi dulu: filateli bukanlah sekadar mengumpulkan perangko, tapi—dalam artinya yang luas, sebuah studi tentang tanda tera (perangko, meterai dsb) atau sejarah pos dan segala hal yang berkaitan dengan itu (mengumpulkan perangko hanya salah satu aspek di antaranya). Apa saja yang [bisa] dipelajari dalam filateli? Banyak sekali. Mari, silakan hafalkan sendiri di sini.

Jadi jelas, seorang filatelis (orang yang berkecimpung dalam dunia filateli) tidak berarti harus punya koleksi perangko (arti ‘filateli’ jauh lebih luas daripada ‘mengumpulkan perangko’).

MI desa selesaiLalu yang menjadi fokus dari marcophily? Cap pos. Beda dengan perangko atau meterai, cap pos tidak bisa dikoleksi secara fisik, kecuali bersama [robekan] amplop atau kartu posnya.

Satu hal, marcophily sebenarnya juga bisa kita manfaatkan untuk hal-hal di luar filateli. Gambar di sebelah itu, misalnya (‘Selesai’ adalah nama sebuah kecamatan di Sumatra Utara). Jika di sekolah kita sesekali bermain-main sebentar dengan cap pos (terutama yang namanya lucu-lucu), bukankah pelajaran ilmu bumi bisa jadi lebih menyenangkan?

*****

(revisi, 7 Juni 2014)
———————————
Catatan: marcophily dulu sempat dikenal pula dengan istilah commatology
Referensi: linns & wikipedia
Gambar: marcophilyindonesia

—KK—

One thought on “marcophily = marcophilately

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s