ilusi

Dari bangku penonton, kita menyaksikan di panggung pesulap memotong seseorang jadi dua. Kita tahu itu tidak mungkin benar-benar terjadi (karena si pesulap pasti akan ditangkap polisi). Masalahnya, ‘kenyataan’ menyangkal akal sehat ini—kita ‘menyaksikan’ orang itu terbelah.

*****

Mengidentikkan ilusi dengan segala sesuatu yang tidak nyata rasanya sudah jadi hal lumrah. Tapi meski mungkin tidak salah seratus persen, sebenarnya juga tidak tepat-tepat amat.

tono-tiniLihat gambar himpunan di samping (kuning dan biru, dengan area hijau sebagai irisan atau kesamaannya). Keduanya melambangkan, sebut saja, Tono dan Tini. Mereka berdua sama-sama suka sejarah, pandai menggambar, hobi nonton, punya kakek buyut yang sama, sering jogging minggu pagi di area taman yang sama, dst.

Tapi toh tidak peduli seberapa tebal (atau tipis) kesamaan (‘irisan’) di antara mereka berdua, keduanya tetaplah dua sosok yang berbeda. Tini bukan Tono (dan begitu pula sebaliknya).

Ilusi dan ketidaknyataan seperti Tono dan Tini. Keduanya berbeda.

Jika ketidaknyataan (atau kenyataan) adalah tentang ‘kejadian’ (apakah sesuatu benar-benar terjadi/tidak, ada/tidak), ilusi adalah tentang ‘persepsi’—atau dalam pengertian yang lebih spesifik, persepsi yang keliru.

*****

Apa yang terjadi di panggung adalah sebuah ‘kejadian’. Tapi bagaimana kita ‘mengkonsumsi’ kejadian tersebut adalah soal persepsi—yang bisa benar (sesuai dengan kenyataan), tapi bisa pula keliru (tidak sesuai kenyataan, misalnya saat ‘merasa melihat’ tubuh terpotong di atas).

Kejadian adalah objektif—adanya ‘di panggung’, persepsi subjektif—ia ada di benak.

*****

(Untuk contoh sehari-hari tentang tamasya ilusi dan sedikit bermain-main dengan persepsi, lihat ‘Siaran Langsung‘—mau tak pakai ketok pintu tak apa, blogger-nya itu-itu juga kok. :mrgreen: )
———————————

—KK—

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s