hektar

– satuan/ukuran luas tanah/lahan –

Beberapa hari belakangan ini sepertinya di mana-mana orang ramai berkelakar soal hektar (hektare)—satuan luas lahan/tanah sebesar 10 ribu m2 yang mendadak dangdut nge-hits itu.

Ingin sedikit merekam, artikel ini sekadar catatan hiburan—yang penuh dengan ‘jika-kalau’..

*****

Jika kita tidak biasa ‘main tanah’ atau bukan ‘orang proyek’ (seperti di industri property atau perkebunan), membayangkan ‘sehektar itu seberapa besar’ mungkin bukan kerjaan mudah. Toh, kalau kepingin, kita bisa coba bayangkan ini:

Kebon, yang luasnya sekitar 1½ kali lapangan sepakbola

Tidak terlalu akurat memang, tetapi rasanya juga tidak ngawur-ngawur amat. Atau, jika rumah kita luasnya sekitar 100 m2, ‘tanah sehektar‘ luasnya kira-kira 100 kali lebih besar daripada itu.

🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠
🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠
🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠
🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠
🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠
🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠
🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠
🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠
🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠
🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠🏠
Area seluas 100 rumah (@ 100 m2)

Itu baru jika 1 (satu) hektar. Untuk membayangkan luas ribuan atau jutaan hektar, kita butuh pembanding yang jauh lebih besar daripada rumah atau lapangan bola—provinsi, misalnya.

Dan kalau data BPS (Badan Pusat Statistik) akan luas provinsi kita konversi angkanya ke dalam hektar (dari km2), kurang-lebih beginilah gambarnya (ambil contoh lima provinsi terkecil saja):

provinsi terkecil di Indonesia

Artinya kalau kita ‘ada tanah’ seluas [katakanlah] 330 ribu hektar ‘saja’, itu sudah melampaui separuh Bali—atau menelan seluruh Jogja (alias 5 kali lebih besar daripada ibukota tercinta). Dan kalau lahan yang kita kuasai ‘sejuta hektar’, itu berarti secara ukuran Banten pun lewat.

*****

Seorang teman ada berkata, jika tiba-tiba jadi kaya raya (entah dapat duit dari mana), ia akan bikin rumah yang luasnya sampai berhektar-hektar. Tetapi karena kamar tidurnya sendiri juga luar biasa gede, sekadar untuk ke kamar mandi pun ia mesti naik motor...

Ah, ada-ada saja si teman ini..

———————————

CATATAN ISTILAH/KONVERSI
1 ha (hektar atau hektare) = 1 hekto are (100 are) = 1 hm2 = 10 ribu m2 = 1/100 km2

REFERENSI
BPS (Data 2016, update terakhir 2017)
Suara (18 Februari 2019)

—KK—

6 thoughts on “hektar

  1. Saya tertawa kekel membayangkan temannya kesasar saat ke kamar mandi dan tak bisa pulang saking jauhnya… mungkin motornya kehabisan bensin tuh.
    Saat ini rata-rata ukuran tanah untuk perumahan baru di Australia adalah sekitar 474 meter persegi. Karena ini data rata-ratanya, jadi ada yang lebih luas atau lebih sempit.

    Berangkatnya kehabisan BBM (jadi mesti mampir pombensin dulu), dan pulangnya kena paku (jadi mesti nyari tukang tambal ban dulu). Lagian dianya juga sih, udah tahu ukuran kamarnya sekabupaten gitu, lah narok tempat tidur kok ya di tengah ruangan.. Hahaha

  2. Wah, Banten yang paling luas ya, tapi propinsi paling luas Kalimantan apa Papua kang?

    Banten lumayan, tapi masih kalah besar sama tanah orang yang jutaan hektar :mrgreen: Kalimantan = pulau. Untuk daftar lengkap provinsi (termasuk luasnya), silakan klik tautan BPS (bisa unduh file Excel-nya).

    #fansWarteg

    • kasih tips dong mas, biar bisa punya tanah berhektare gitu….:)

      Wah, soal itu kayaknya agak repot. Lha saya ini untuk ngisi satu pot di rumah saja suka bingung mesti nyari tanah di mana Haha

  3. En España las hectáreas se utilizan para medir las tierras de labor, para las provincias usamos los Kilómetros cuadrados, 1 km cuadrado=100 hectáreas. 🤗🤗

    Thanks for your sharing me that, Estrella. It is good to know, really. The ‘metric system’ is quite practical indeed. 🙂

  4. Teope Mas, lah satuan hekto are bisa jadi postingan apik. Apalagi kalau pakai pembanding kavling 2mx1m ya Mas.wkwk.
    Matur nuwun, sang teman sudah balik dari jedhing eh km mandi belum?

    Kavling 2×1 m area sakral (lazim untuk meditasi dll) hehehe.. Terima kasih untuk Debat Capres (momen isu hektar ini tersingkap ke publik), si Kutu jadi punya bahan ekstra nan valid dan sudah matang, tinggal atur sajian di piring. 🙂

    Oya, sudah seminggu si teman belum pulang dari bengkel, servis motor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.