flash crowd

( + Master Oogway )

Hari Minggu kemarin, menjelang asar, iseng buka blog dulu. Eh, apa ini?!

flash crowd serendipity-1

Flash crowd..??

Arti gampangnya, flash crowd adalah ‘lonjakan trafik/kunjungan’—jumlah views (akses/lalu-lintas informasi) dalam rentang/acuan waktu nan pendek (alias relatif secara bersamaan).

lonjakan kunjungan-views-trafficSuatu kondisi tidak normal yang—meski bisa asyik, dalam kasus ekstrim (ribuan views dalam semenit, misalnya) bisa mengakibatkan sebuah sistem jadi super-lemot atau bahkan down (mogok fungsi).

Dengan pengertian seperti itu, ratusan views per jam sejatinya tak cukup syarat untuk disebut flash crowd (angkanya terlalu kecil, dan rentangnya terlalu lebar).

Betapapun, rasanya ada cukup sebab/alasan kenapa flash crowd ala liliput ini layak dijadikan basis topik.

PERTAMA. Ya senang saja. Bohong jika tidak. Meski cuma sesaat/sementara, lonjakan lebih dari 30 kali lipat ini jelas membesarkan hati—dan terlalu sayang untuk tidak ‘dijepret’ (diabadikan).

KEDUA. Ini bukan kali pertama (dulu pernah). Dan bagi blog ‘Kamus Istilah’ nan jarang update, rasanya keterlaluan jika ‘anomali’ ini tak kunjung disyukuri sebagai modal bikin tulisan/artikel.

flash crowd tertinggi

KETIGA. Ini pastinya adalah buah inisiatif dan karena budi baik Pembaca juga (Dari mana pula blog ‘si Kutu’—yang notabene tidak punya akun facebook/twitter/Google+ dll itu, bisa punya catatan share seperti yang di bawah ini, kalau bukan dari pengunjungnya, ya kan?)

total share kamus istilah

Jadi, Pembaca yang budiman, terima kasih atas hadiah (gift/present) gurihnya. Dan sebagai balasan ala kadarnya, mungkin si Kutu cuma bisa kasih ini (tentang menikmati ‘Pemberian’):

nasihat petitih kata mutiara

Kung Fu Panda sedang ‘down’ (hilang semangat, macet pikiran)

Carpe diem. Kita adalah Po—sang Kung Fu Panda. Meski sehari-hari suka pusing dan bingung di tengah keramaian hati, semoga bisa menjadi dragon warrior—menemukan diri kita sendiri.

Tabik, Master Oogway!

—————————————

CATATAN
Sekali lagi, dalam ‘jargon internet’ (sebutlah begitu), istilah flash crowd cenderung bermuatan netral—dapat bermakna positif/negatif tergantung konteksnya (berkaitan dengan kapasitas).

ARTI KETENGAN
flash = kilat, cepat (konteks topik: ‘tiba-tiba’)
crowd = kerumunan, keramaian (tentang orang)

REFERENSI
Wiki (Slashdot effect)

FILM
“Kung Fu Panda” (John Stevenson & Mark Osborne, 2008)

—KK—

Iklan

12 thoughts on “flash crowd

  1. saya penasaran (curious) kenapa (ada) banyak (kata di dalam) tanda kurung?

    Secara umum, untuk keterangan/penjelas saja. Jika berkenan praktek, silakan paragraf ini: “Arti gampangnya, flash crowd adalah.. dst” dibaca TANPA yang dalam tanda kurung. Substansinya TIDAK berkurang, kan?

    Fungsi lain, ‘model kurungan’ seperti itu juga bisa dipakai justru untuk memangkas jumlah kata. Misal bagian ini: “angkanya terlalu kecil, dan rentangnya terlalu lebar”. Tanpa kurung, salah satu alternatifnya saya mesti menambahkan “karena” (“karena angkanya.. dst”).

    Fungsi lain lagi, ‘kurungan’ bisa dipakai untuk koneksitas (agar pembaca tetap nyambung dengan konteksnya). Misalnya pada “gift/present”. Itu kaitannya dengan link Kung Fu Panda (AA bakal tahu maksud saya, kalau nyetel tautannya).

    Ya itu antara lain saja sih. Tapi kalau maksud pertanyaannya “Apa harus begitu?” Tentu jawabannya adalah tidak. Cuma soal redaksi. Gimana kitanya saja, OK? 🙂

  2. wah yang beiginian namanya flash crowd toh, baru tau. aku juga pernah nih, tiba2 dalam satu hari yang mengunjungi blogku ada ribuan, padahal biasanya ratusan aja gak nyampe, hahaha. thanks buat infonya mas.

    Masih ‘tetanggaan’ (serupa tapi tak sama) dengan flash mob kayaknya. Rasanya kaget-kaget asyik gitu ya (#tossDulu). Yang Sep 2017 itu saya malah sempat melongo, lha jam 7 pagi waktu cek blog angkanya sudah 300 lebih hehe..

  3. Very cool and enjoyed your writing about this phenomena ~ hope the spring is treating you well. Any travels planned in the near future?

    Glad you find it that way, mate. The occasional lilliputian leaps are fun indeed, thanks. 🍸

    I’m [sort of] in a high-mobility mode for the moment. But it is more of local/close-range errands than traveling. 🙂

  4. Sangat menarik melihat grafik seperti ini

    Terima kasih Back Pikir. Sebuah catatan kecil untuk menyemangati diri sendiri. 🙂

  5. Tetiba banyak yg kesetrum nyambangi tulisan di blog ya Mas. Yuup sepakat apresiasi kepada pengunjung yg mak bruull njedhul. Tentunya juga karena sajian apik unik di sini. Salam

    Iya itu, mak bruull njedhul yang selalu menyenangkan hehe.. Matur nuwun komennya, sepertinya saya mesti belajar listrik lagi, biar semakin banyak/sering orang pada kesetrum.. :mrgreen:
    Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.