pétarade

! ( + imajinasi kamar mandi )

Suka bangun lat kalau piknik ke daerah gunung. Tetapi pagi itu lain. Langit masih agak gelap, mata sudah melek. Lalu entah kenapa, ingin mandi pakai gayung dengan air dingin dari bak meski sebenarnya ada shower air hangat. Baru satu siraman di kepala: (maaf) “Duuu..uut!” Belum hilang sensasinya, di guyuran berikutnya hasrat itu datang lagi: (maaf lagi) “Duuuut..!”

Dua kali ‘big bang’—kuat-bertenaga, dan panjang membahana. Sungguh, rasanya ‘merdeka’ sekali(!) Tetapi ini jelas cuma soal biasa (Siapa pula yang tak pernah ‘meletup’ kala mandi?).

Yang tidak biasa adalah apa yang kemudian terlintas di kepala—’petarade‘.

Sebuah istilah Prancis yang secara etimologis salah satu artinya adalah ‘kentut yang beruntun’. Suatu terminologi yang mungkin susah dicari padanannya dalam bahasa lain—seperti bahasa Indonesia (yang cuma punya ‘kentut’ dan ‘buang angin’ sebagai eufemismenya), atau bahkan bahasa Inggris (yang notabene punya fizzle untuk ‘kentut senyap’ alias yang tidak berbunyi).

Fantasi langsung melayang ke hobi..

Buat modal main scrabble (bahasa Prancis atau multi-bahasa) sepertinya boleh juga nih! Secara probabilitas, petarade (sebuah kata delapan-huruf) terang lumayan bingo-friendly.

Lalu ngeloyor ke politik.

Entah dari mana, tiba-tiba saja tercetus frasa satu ini: ‘politisi keparat petarade’ (orang yang terus-menerus kentut lewat mulut). Sebuah makna figuratif, maksudnya para ‘peniup buhul’ yang sukanya mudarat melulu (hasut, bicara diulur-tarik, bikin orang awam bingung dll).

Dan sempat pula mampir ke ‘musik’.

Mungkin ada yang pernah juga: berbalas kentut sesama sohib (saat nongkrong, tidur di tenda dsb), lalu mengumpat dan tertawa bersama. (Remaja—kompak sampai sekentut-kentutnya) Intinya ialah, ibarat orkestra, sebuah petarade tidak harus berasal dari ‘alat musik’ yang sama.

Hingga akhirnya berlabuh di fiksi romantis (Judul: ‘Petarade Cinta’).

Di area kantin kampus, dua sejoli makan bareng. Melihat situasi tampak kondusif (arah angin, posisi duduk dll), si Gadis kentut. Tapi.. Oh-oh! Maksud hati hendak fizzle, yang keluar justru siulan nyaring: “Tiii..uut!” Saat kepala-kepala mulai menoleh, si Pemuda—yang (thank God!) kebetulan sedang diberkahi stok angin, sigap bertindak—dengan dentuman keras: “Dhuut!!” Lalu sambil senyam-senyum sibuk minta maaf kanan-kiri. (Sebuah self-sacrifice nan heroik) Moral ceritanya adalah, kentut pun ternyata bisa menjadi ungkapan kasih sayang.

Ah, mandinya sudah selesai. Baiklah, stop dulu. (“Dingin, Boss!!”)

*****

Sebagai suatu varian kentut, petarade mungkin bukan istilah yang penting benar. Betapapun, ‘sebuah nama’ amatlah memudahkan orang dalam membayangkan suatu konsep (Bayangkan betapa repotnya, kalau sampai hari ini umat manusia belum punya kosakata untuk ‘kentut’).

Contoh riilnya tentu adalah artikel ini sendiri—yang ide tulisannya rasanya bakal sulit tergagas jika saat peristiwa di pagi nan permai itu terjadi orang belum pernah dengar tentang petarade.

Merci, mes amis francais! 🍸

*****

———————————
(Untuk muasal kata-kata semacam ‘kentut’, lihat → onomatope–onomatopoeia)

SEPUTAR TOPIK
● Dalam pengertian yang lebih umum, petarade bisa diartikan ‘letupan berantai’.
Idem ditto, sebagai istilah Inggris ‘fizzle’ juga punya arti lain.
● Padanan/istilah Inggris: fart (kentut)—to ‘break wind (buang angin).

REFERENSI
Merriem-Webster (Aneka istilah kentut)
Wiki Prancis (Etimologi: pétarade → petarrada → pet, péter, pétard)

READER DISCRETION
! → mengandung elemen yang (mungkin) tergolong kasar/vulgar

—KK—

6 thoughts on “pétarade

  1. Wah, ilmuku bertambah walau soal kentut

    Huehehe..! (#salaman dulu) Beruntunglah kita yang masih bisa kentut (Jadi ingat pasien pasca-operasi yang belum dikasih makan sebelum bisa kentut) 🙂

  2. I like this article! 🙂
    “Even lovers, when they admire the moon…” Ooops!

    LOL The sound of ‘blessed metabolism’ that happens at odd time indeed.
    Thank you, Diana. Much appreciated. 🍸

  3. Sungguh mesra bunyi kata itu di telingaku. Aku ulang-ulang sepagian.
    “Petarade… Petarade… Petarade…”

    Huihihihihi..!! 🍷 Eh tapi ada benarnya juga sih. Jadi ingat Nick Carter (karakter ala James Bond versi Amrik jadul) yang dalam suatu serinya ada bilang kira-kira begini:

    “Dalam bahasa Prancis, teriakan penjaja jalanan pun
    bisa terdengar seperti bisikan kekasih.”

    Dan kayaknya saya akur sekali dengan Nina dan Nick Carter. Terima kasih sudah mengingatkan saya kepada novel seribu-tiga (harga kaki lima) semasa SMP. 🙂

  4. Itu ‘angin kebahagiaan’ loh mas KK. Lah kalau perut begah mbesesek sang angin anteng si dalam bakalan berabe, perlu digosok minyak angin segala.
    Terima kasih ikut menikmati sajian petarade ini.

    Leres sanget Bu Prih—kebahagiaan dalam kemerdekaan hihihi.. Sempat ragu waktu nulisnya (‘angin’-nya mau dibawa ke mana—bahasa, sosial-budaya atau apa gitu), akhirnya saya coba saja ke [eksplorasi-eksploitasi] ‘ide penulisan’. 🙂

  5. petarade cara bacanya gimana ya? maaf, saya orangindonesia kebiasaan cara bacanya seperti tulisan indonesia. baru tahu kalau bahasa perancis cara bacanya beda. misalnya “de avignon” dibaca “deu evinyon”.

    Dexstring ngenetnya pakai HP kah? Kalau di notebook ke atas (laptop/desktop), antara paragraf ketiga dan keempat ada player yang tinggal setel (dan kita bisa menikmati suara romantis Mbak Helma).

    Yang pasti, belajar ‘listening’ jaman now enak sekali (tidak seperti jaman old di mana orang mesti ‘berdarah-darah’ terlebih dahulu hehe..). Misal kalau mau bisa pakai Google Translate (coba setting ke detect language), masukkan ini:

    Merci, mes amis francais!

    Lalu klik ikon speaker. Beres sudah! 🙂 (Ada dua speed—klik pertama kecepatan normal, klik kedua lebih lambat, begitu seterusnya bolak-balik)

    PS: Karena rekamannya tidak dibuat secara tailor-made, pengucapan ‘pétarade’ di Google Translate tidak sebaik tautan yang saya pasang di atas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.