problem pinggir jalan

– kunci / jawaban –

Berikut adalah jawaban problem mat tiga langkah warna coklat dari halaman sebelumnya. Disajikan secara urut—dari kiri ke kanan, atas ke bawah.

*****

chess puzzle mate in three unpat1.Md4! Ciptakan petak lari bagi Raja Hitam(!), agar setelah 1...cxd4 2.Bh7, situasi pat tidak terjadi (lihat lagi analisis awal di hal–1).

Dan tak cuma buka ruang, langkah kunci juga punya motif serang. Misalnya jika Hitam coba ajak Putih kucing-kucingan di sayap menteri..

1...Rb7 2.Bh7+ Ra6 3.Ma1# (kalau 2...Rc8 maka Hitam akan mat dengan 3.Mh8#).

Perlu dicatat, kabur ke sayap raja juga sia-sia 1...Rd7 2.Bh7+ Re6 3.Be7# (atau 3.Kf8#).


chess-puzzle-ablenkung-motif-motive[Biar lebih jelas, lihat lagi analisis awal di hal–1]
Benteng Hitam terang pantang geser ke bawah (petak–h2/h3) karena Putih akan Mb6 (ancam Mxg1#). Itu berarti, petak buang langkah yang aman bagi Benteng ini cuma petak–h6/h7/h8.

1.Mb8! Bh7 2.Ma7! (Kalau 1...Bh6, 2.Mb6!) Sebuah motif/teknik/tema yang dalam catur dikenal dengan istilah Ablenkung.

2...Bxa7 3.Bh5# Raja Hitam tercyduk.

Cat: 1.Kf4 Rh2! (1...Bxf4?? 2.Bh5+) 2.Bxg1 Bxf4


chess puzzle mate in threeJelas bahwa 1.Bxf8?? akan langsung pat. Setali tiga uang, mengaktifkan Menteri dengan 1.Mf5 akan rontok oleh 1...Ge7! (misal 2.Kf6 Gf8).

1.Mg4 / 1.Gxf8 / 1.Kf6, semua akan gagal oleh 1...Gf7! Tetapi tidak untuk langkah kunci ini.

1.Kc3! Sekarang (dengan terbukanya diagonal b1–h7), ke mana pun Gajah-f8 bergerak akan langsung 2.Bxg8#, dan 1...Gd5+ 2.Kxd5 mat langkah berikutnya. Maka yang tersisa adalah,

1...Gf7 2.Bxf7 Rg8 3.B8xf8#


chess puzzle make waySetelah 1.Kxd5+ Rd3 atau 1.Be2+ (1.Bc2) Rxd4, buah-buah Putih jadi saling tidak terkoordinasi.

1.Bh4! (Membebaskan sang Menteri dari tugas mengontrol baris ke-4) Re4 (Mungkin ini upaya yang terbaik untuk bisa membingungkan Putih)

1...Rf2 2.Me2+ Rg3 3.Bg4#
1...Rd2 2.Me2+ Rc3 3.Kxd5#
1...Rxd4 2.Kxd5+ Rd3 3.Md1# (atau jika 2...Rxd5 / 2...Re5, maka 3.Bh5#)

2.Mg3! Rxd4 (2...Rf5 3.Mg6#) 3.Ke6#


chess puzzle accuracy playProblem berat. Upaya 1.e3 / 1.e4 / 1.Kc4 (dgn maksud 2.Gd2#) akan mentah oleh 1...Bd7! Sedangkan 1.Mh7 (dgn maksud 2.Md3 / 2.Mf5) akan tertahan oleh 1...g6!

1.g3! Bak sebuah langkah nan kurang kerjaan. Maksudnya buka jalan bagi Benteng ke g2–g1.

1...Bb3 Kini, baik 2.Gxb3 maupun 2.Bg2 Bf3+ 3.exf3+ Rf1 akan bikin Putih kehilangan tempo.

2.Kc4! Momentumnya tepat! (Untuk ancam 3.Gd2#) Bd3 3.exd3# (2...Bf3+ 3.exf3#).

Dari variasi utama (dicetak tebal), kita bisa melihat bagaimana setelah langkah kunci (1.g3), semua upaya perlawanan dari Hitam akan selalu bisa terpatahkan oleh Putih:

1...Bd7 (atau 1...Bb2) 2.Bg2 (meneruskan rencana 3.Bg1#)
1...Bb1 2.Kxb1 (lalu 3.Gd2#)
1...Bb4 2.e3! (siap memukul Benteng di d4 atau f4 sambil skakmat)
1...Bb5 2.e4! (idem, hanya saja di baris ke-5)

Dan rasanya sekarang juga lebih bisa dipahami, kenapa bidak-g tidak boleh maju dua petak:

1.g4? Bb3! (kalau Kuda-h3 perlaya, kepungan buyar!) 2.e3 Bd3!

Sebuah problem yang menuntut akurasi terus-menerus dari Putih.


chess puzzle from hell1.Bf4! (Serangan jarak jauh tidak bakal efektif, misalnya dgn 1.Bh8 Rxg3 2.Bg8+ Rh2 ataupun 1.Bf8 Rxg3 [1...Rxh1?? 2.Rf2] 2.Bg1+ Rh2)

1...Rxg3 (Sekali lagi, 1...Rxh1 2.Rf2). Tetapi fakta bahwa Hitam praktis tidak punya pilihan, TIDAK berarti itu harus berlaku pula bagi Putih.

2.0-0! (Satu langkah yang amat sulit tergagas, terutama dari posisi diagram!) Rh3 3.B1f3#

Tanya: Apa iya langkah rokade tsb sah (legal)? Jawab: Iya, sah! (Bisa dibuktikan jika perlu 👍)

*****

Jika masih ada yang kurang jelas, punya masukan/koreksi, ingin berbagi pengalaman/cerita atau apa pun yang berhubungan dengan catur/artikel, silakan sampaikan lewat komen.

Oya, di rumah ada ‘papan’ kan? Beres, kalau begitu.

♫Bebas biaya, bebas radiasi
Asyik buat ngabuburit sendiri pun bersama kawan sehobi
Dan bisa bikin waktu jadi serasa ngebut sekali...

Problem catur, pasti! 🙂

—————————

—KK—

Hal-1: Soal (Klik tombol untuk kembali ke halaman sebelumnya)

Iklan

9 thoughts on “problem pinggir jalan

  1. Voy a tener que repetir varias veces la jugadas porque estoy un poco oxidado con el ajedrez. Hace un buen tiempo que lo juego. Todo es muy interesante lo que explicas y con práctica se puede lograr salir adelante.

    I’m glad you find these old faves of mine worth your while, Manuel. Watch it, though—one is very complicated, and another is diabolically tricky. 🙂 Cheers!

  2. haloooooo
    puyeng bang gue bacanya
    gue main catur juga tp kalah mulu
    hahahhahha

    Eh cocok banget kalo begitu, ini artikel memang buat obat puyeng. Maksudnya barangsiapa yang tadinya baik-baik saja, kalo baca dijamin puyeng hahaha..!!

  3. Kulanuwun mas KK. Wah mumet disuguhi catur lah biasanya main halma saja hehe arau gaple hehe…
    Salam

    Monggo, pinarak nyatur ngunjuk. Oh sae niku, itu berarti Bu Prih orangnya selektif. Kalau saya ular-tangga, ludo, monopoli, kartu, sekak apa saja ditelan.. Lha wong nggragas hahaha..!!

  4. Dan akuuu …, pernah lihat penjual jasa layanan main catur ini di Jakarta 😁.
    Keberadaannya mudah diketemukan di trotoar sekitar Pasar Baru, sekitaran gedung Kesenian Jakarta, juga di daerah Glodog.

    Tapi karena aku ngga mahir main catur …, yq saat itu cuma lihat mereka sekilas dan kadang juga ikut nonton sebentar kalau ada pemain caturnya beraksi 😊

    Ah iya, sekitaran halte GKJ itu juga ya. Sempat marak di Jakarta selama sekitar lima tahunan memang. Sepertinya, trotoar mana pun yang banyak orang kerja lewat (entah itu di daerah preman seperti Senen atau elit seperti Sudirman), di situ ada Mas-mas problem duduk tenang menghadap papan catur. 🙂

    Sempat kepingin bikin komposisi problem sendiri dulu (lalu dikirim ke majalah luar atau gimana gitu). Tapi setelah coba.. Wuih! Ternyata ngarang bangunan problem yang bermutu itu sulitnya seampun-ampun! Haha

  5. mbak, permisi. numpang tanya. kenapa dalam pertandingan catur pemainnya bisa berpikir beberapa langkah ke depan hingga jauh? padahal langkah musuh di depan saja kan belum tentu tahu dan pas kan? bagaimana mereka merencanakannya?

    Jangan Mbak, tapi Mas atau Om aja kali ya hehe..

    Dexstring benar, kita tidak bisa baca pikiran orang lain seperti baca koran. Tetapi mengenali hal-hal yang prinsip (seperti papan/lapangan, sifat bangunan, taktik, kerjasama antar-buah, filosofi dll) bisa membantu orang membuat perkiraan logis situasinya nanti kira-kira bakal jadi bagaimana.

    Contoh konkritnya ini.

    chess ending king bishop knight vs king

    Kalau buta teori, boleh jadi [sebagai Putih] kita akan cuma mutar-muter tak karuan lalu pusing sendiri (alias remis). Tapi kalau sudah belajar ending (permainan akhir), begitu lihat papan (diagram) kita akan langsung (seketika) tahu bahwa:

    ● mat hanya bisa terjadi di a1 atau h8 (sudut sesuai warna petak Gajah)
    ● dari posisi diagram, butuh sekitar 30 langkah untuk memaksakan mat

    Selain dua hal pokok tsb, kita juga bisa perkirakan skenario kasarnya:

    ● Hitam akan coba bertahan di tengah papan, tapi kita akan paksa ia ke tepi
    ● dari tepi, kita akan desak Hitam ke pojok/sudut
    ● Hitam akan lari ke sudut aman (yang beda warna dengan petak Gajah)
    ● dari sudut aman, kita akan bawa Beliau ke sudut maut

    chess ending king bishop knight vs king checkmate position

    Semua itu akan refleks terbayang bahkan sebelum kita berpikir soal langkah. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.