Istana Merdeka – Istana Negara

– nama bangunan bersejarah –

Lebaran kemarin, sekitar jam makan malam, sebuah stasiun TV swasta menyiarkan:

Sebelum bertolak ke Solo, Presiden Jokowi menyempatkan diri menemui masyarakat yang telah menunggu sedari pagi di Lapangan Monas—yang terletak di depan Istana Negara.

Hehe.. Istana Kepresidenan yang di Jakarta ini memang lucu.

*****

Entah dengan mata telanjang atau melalui TV/koran/buku dsb, boleh dibilang semua orang Indonesia dari Sabang sampai Merauke pernah melihat atau tahu tentang Istana Merdeka.

istana kepresidenan gambir monas

Istana Merdeka – ‘batu pertama’ tahun 1873

Sebaliknya, aneh tapi nyata, meski juga rutin masuk berita (contohnya lihat ‘benang merah’), banyak orang—bahkan sebagian warga Jakarta sendiri, seperti suka rancu soal Istana Negara (sehingga jika mendengar ‘Istana Negara’ disebut, yang terbayang adalah ‘Istana Merdeka’).

Ajaibnya lagi, mereka yang kebetulan melaluinya pun sepertinya juga—secara agak misterius, suka tidak ngeh kalau baru saja lewat/melihat istana (mungkin disangka cuma kantor biasa).

istana kepresidenan kali ciliwung

Istana Negara – ‘batu pertama’ tahun 1796

Satu [area] istana kepresidenan yang sama, dua [nama] bangunan yang berbeda. Dan dari dua gedung bersejarah beda usia ini, bukan ‘Istana Negara’ yang menghadap ke ‘Lapangan Monas’.

Jadi sekali lagi, hubungan keduanya adalah ‘Adik-Kakak’—BUKAN alias.

*****

Cuma soal kecil, mungkin. Tetapi rasanya tetap jauh lebih baik jika kasus salah ID/sebut nama begini tidak terus terjadi, karena menyangkut oikonym kepresidenan/kenegaraan—yang biar bagaimana adalah bagian dari sejarah/identitas bersama.

Apapun, semoga ‘generasi informasi digital’ sekarang tidak seperti si Kutu ini dulu, yang ketika bertahun-tahun ‘ber-KTP Monas’ justru tidak pernah menyadari kalau ada dua ‘Istana’ di situ.

Malu kan, kalau sampai ketangkap basah saat ngobrol sama orang asing hehe..

————————

CATATAN
Selain dari ‘modal’ kekhilafan sendiri, kesan masih seringnya orang rancu tentang [sebutan] ‘Istana Negara’ juga diperoleh dari hasil interaksi dengan orang lain serta dari pengamatan sehari-hari (seperti komentar/artikel di internet ataupun model reportase ala contoh di awal tulisan—yang notabene dilakukan oleh seorang profesional).

ISTILAH TERKAIT
Oikonym: nama rumah/gedung/bangunan (sebuah cabang dari onomastika)

REFERENSI & SUMBER GAMBAR
PresidenRI.go.id (sub: istana)

—KK—

Iklan

2 thoughts on “Istana Merdeka – Istana Negara

  1. Ibukota Indonesia sudah sangat dikunjungi. Perpaduan budaya memberi udara yang sangat unik untuk monumen dan bangunannya. Pembangunan istana adalah contohnya.

    Wow, kejutan yang menyenangkan!! Terima kasih banyak, Pak Manuel! 🙂

    Quite agree with that. Building-wise, the cultural richness surely gives Indonesia resourceful/vast supplies of architectural characters. A chance (or challenge, for that matter) that Indonesians are yet to prove themselves.

    Thanks again. Much appreciated. 🍸

  2. Buenos dias!! No se si sera verdad que Yakarta se hunde, por el uso de las aguas subterráneas pero seria una pena
    No hace mucho que lo lei
    un abrazo

    Hi Lola! In a sense (not in the literal meaning, I guess), there is a good chance that it will. We are still working on finding ways to deal with that (And moving the capital to another place is one of them). Thanks for your concern, nevertheless. 🙂
    Hug.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.